article, assignment, chelsea fc, experience, how to, information, knowledge, news, opinion, other, tutorials,

zenius membuat gue jadi unyu





Halo kenalin nama gue lathif, lengkapnya lathif al rasyid. Kali ini gue mau cerita soal perjalanan gue masuk ptn jalur sbmptn bersama zenius, jeng-jeng check it out...
A (a difference)
Waktu itu gue semester 5 sma. Topik pembicaraan di sma gue sudah berubah, yang mulainya game, bola, cewek, dan temen-temennya yang lain saat itu sudah berganti ke soal uan dan ptn. Ya semester 5 kita-kita memang sudah dihadapkan pada pemikiran mau dibawa kemana diri kita setelah lulus sma. Kerja? Atau kuliah? Yang mau kuliah tentu pasti sudah tidak asing lagi sama yang namanya snmptn, salah satu tes masuk ke ptn. Waktu itu ada perubahan derastis pada temen-temen sma gue, hampir semua pada boro-boro ikut bimbel. Wah... gue gimana? Jujur waktu itu gue masih santai aja, karena memang gue masih yakin sama skill gue saat itu. Nilai rapot juga bagus-bagus aja kalo dibandingin mayoritas satu sekolah. Waktu itu gue memang kaga mandang nilai-nilai rapot anak-anak sma lain, yang bahkan lebih bagus dari sma gue, padahal kan tes masuk ptn sifatnya nasional, cetek banget yah mindset gue saat itu.
B (be better)
Waktu itu isu kenceng banget kalo nilai semester 5 itu ngaruh banget di snmptn. Wah ini, gue harus rajin-rajin belajar dong. Semua temen gue pada persiapan buat snmptn, habis-habisan perbaikin nilai rapot semester 5. Ya gue sih juga belajarnya lebih giat dibanding semester sebelumnya, tapi ya bedanya gue kaga ikut bimbel. Gue sempet tertekan, di kelas kelihatan banget temen-temen gue yang ikut bimbel pada meningkat drastis kemampuannya, lha gue? Ningkatnya kok kayak semut sedikit-sedikit amat. Duh... bisa-bisa gue tertinggal!
C (choose)
Gue bingung waktu itu, serius! Mau ikut bimbel tapi kondisi ekonomi keluarga itu termasuk kelas menengah. Sempet ditawari buat les sama bokap, gue tolak kaga tega woy. Ya gue alasan aja sekolah lancar-lancar aja, kaga ada kendala. Gue putuskan untuk tetap tidak ikut bimbel, gue belajar-belajar lebih giat lagi. Tapi ya memang gue akui, belajar di kelas doang itu kaga cukup. Sudah nambah jam belajar di rumah, tapi sulit. Kaga ada yang ngajarin gue waktu itu. Mana materi-materi semester 5 tingkat rumitnya naik drastis lagi, menurut gue waktu itu. Yah akhirnya gue pasrah aja, yang penting sudah usaha, termasuk sudah beli-beli buku tambahan buat belajar gue juga. Jeng-jeng! Tapi tetep aja, temen-temen gue naik levelnya masih lebih drastis dari gue.
D (dor!)
Nilai semester 5 gue keluar! nilai gue tetap, walaupun juga kaga jelek, tapi dibanding semester lalunya itu mayoritas tetap. Kaga ada kenaikan. Duh... gimana snmptn gue nanti? Sementara nilai temen-temen gue pada ningkat. Ini gimana gue mau bersaing di snmptn kalo sama temen sekolah gue aja nilai gue sudah kalah. Dor! Seperti merasakan peluru tembus ke jantung gue deh.
E (end?)
Awal semester 6, gue iseng-iseng chat sama temen smp gue di facebook, kita beda sma. Dari obrolan-obrolan nanyain kabar, sampai ke nanya-nanya gimana sekolah dia, apa rencana dia setelah lulus, dan hal-hal lain yang terkait. Singkat cerita temen gue itu ngenalin gue sama video pembelajaran gitu. Gue belum tau waktu itu kalo namanya zenius. Gue sih mikirnya kek video-video tutorial edit foto di photoshop, atau video tutorial instal game gitu, maklum ya gue itu maniak komputer hehe. Eh, ternyata bener video-video matematika,fisika, kimia dan temen-temen. Jadi yang seperti ini ada? Yaela keren banget! Gue bisa belajar pake ini dong, pikir gue saat itu. Singkatnya gue tonton-tonton videonya. Hmm kesan pertama gue? Hmm  
.
.
.
Njir lah enak banget ngejelasinnya, penjelasannya itu menurut gue dari dasarnya (ini yang harus kita hafal), jadi gampangnya kita cuma ngehafal dasarnya doang, terus kita ngembangin selanjutnya, jadi ngga pisah-pisah terus semua bareng-bareng dihafal gitu kagak.
.
.
.
Well, dari sono gue semakin ketagihan nonton video zenius. Kaga cepet bikin capek sumpah! Pake seru. Gue saat itu juga mulai kenal sama zenius, gue sering banget baca-baca artikel di webnya, njir kerenlah. Kalo kata bang sabda sih very insightful pokoknya. Dari artikel zenius pikiran-pikiran gue mulai berubah. Mulai dari mengenal kata mindset :v njirlah, dlsb. Pokoknya mindset gue banyak berubah berkat artikel-artikel di zenius. menurut gue keren-keren banget lah... checkit!
F (Fear? It was before)
Berkat salah satu videonya juga waktu itu gue langsung belajar persiapan sbmptn, uan ngga siap-siap, bukannya ngga siap-siap sih, siap-siap tapi cuma sekedarnya, seperti misal ikut tambahan pelajaran di sekolah. Jujur target gue waktu itu buat uan pokoknya lulus sma, yaitu nilai diatas 5,5 cukup. Mungkin ini salah satu salah tangkap gue sama salah satu artikel zenius kali ya, hmm maybe! Singkatnya uan gue lalui dengan santai, dan saat nilai uan keluar, yap walopun gitu nilai gue ngga bagus-bagus amat, tapi ya kaga jelek amat, ya lumayan rata-rata 7-8. Setelah fix lulus gue mulai mikir-mikir snmptn gue mau milih apa. Akhirnya gue agak sedikit judi. Milih yang bagus sekalian, nilai gue sih ditengah-tengah, kaga jelek tapi ya kaga bagus. Itu yang membuat gue bingung. Mau pilih ptn yang bagus sekalian tapi peluang kecil atau ptn biasa tapi peluang lebih gede? Akhirnya! Gue milih yang bagus. Disini gue yakin pasti ada juga andil zenius dalam tindakan gue ini, hahaha.
G (gagal!! Pake seru dua biji)
Waktunya pengumuman snmptn tiba. Deg-degan banget gue waktu itu. Pelan-pelan gue buka web snmptn. Gue masukin id sama passnya. Jeng-jeng! Merah! Ya warna yang pertama gue lihat dan pertama bikin gue fokus pada layar, merah woy! Yak snmptn gue ngga lolos. Gue sempet ngedown banget waktu itu. Tapi berkat dukungan keluarga sama zenius yang memberi harapan dan bukan php atau harapan palsu haha akhirnya gue bangkit dari kengedownan gue.
H (hahaha waelah bingung)
Tancep gas gue ngelanjutin belajar sbmptn, gue belajar siang malam. Ngedekem terus diddalam kamar. Keluar-keluar kamar Cuma kalau makan kencing mandi sama sholat, haha. Saking seriusnya dan juga tentu saking asiknya ngga capek-capek. Di sbmptn gue milih math murni ugm, math murni uny, sama math murni unj. Weh.. math semua? Salahin bang sabda! Gue kena pengaruh dia wkwk. Ini serius!
I (indah pada waktunya)
JENG-JENG! Akhirnya pengumuman sbmptn tiba dan akhirnya gue keterima di ptn. Walaupun gagal di ugm, tapi gue dapat uny. Haha ya minimal ngelamar bidadari dapat tetangganya lah ya. Dan itu membuat gue jadi UNYu.
.
.
.
THE END





2 komentar:

Aries Asharry mengatakan...

Cieh anak uny, aku mah apa atuh, sekolah deket2 rumah aja ^_

L4D3K mengatakan...

Apalah dayaku yg bodoh ini :")

Posting Komentar

Next Posting Lama
zenius membuat gue jadi unyu