article, assignment, chelsea fc, experience, how to, information, knowledge, news, opinion, other, tutorials,

Zenius Lebih Dari Apa yang Gue Harapkan



Zenius Lebih Dari Apa yang Gue Harapkan



Halo guys!! Kenalin nama gue Lathif! Pada kesempatan kali ini gue mau nulis-nulis dikit nih soal pengalaman gue bersama Zenius, bagaimana Zenius mengubah hidup gue dan bagaimana Zenius ikut andil dalam ngebentuk mindset gue, yang bisa dibilang unpredicted banget gue bisa hidup yang kek sekarang ini, haha.
 
Oh iya, gimana buat lo lo pada yang sekarang ini kelas 12 dan pengen lanjut ke bangku kuliah? Gimana persiapan lo? Saran gue sih lo mulai deh persiapan dari sekarang. Lo jangan terlalu berharap sama jalur nilai rapot alias snmptn, dan lo juga harus mempersiapin diri lo buat ikut sbmptn. Tapi sbmptn itu nggak gampang lho, jadi mulai deh persiapan dari sekarang mumpung masih sekitar 6 bulanan lagi, oke?!

Ngomong-ngomong, gue juga pernah lho ngerasain yang namanya SBMPTN. Waktu itu persiapan gue cuman sekitar 3 bulan, itupun yang menurut gue efektif cuman 1 bulan, yaitu setelah gue dinyatakan tidak lolos dari SNMPTN, haha. Makanya tadi diawal gue kata, lo jangan terlalu berharap deh sama yang namanya SNMPTN. Peluang phpnya itu lumayan gede soalnya.

Dulu awal-awal semester enam SMA gue sempet tuh ngerasain yang namanya galau, tapi bukan gegara cewek loh ya. Gue galau soalnya temen-temen sekelas gue pada ikutan bimbel, sementara gue sendiri enggak. Waktu itu gue jadi mikir

“duh gimana nanti gue bisa bersaing dengan mereka kalau kek gini, sementara kalo ngandelin penjelasan guru dikelas doang, aduh kagak jelas. Gue pengen sih ikut bimbel juga kek teman-teman, tapi gimana biayanya kan mahal, sementara bokap lagi krisis moneter.” 


Singkat cerita, eh ada temen dari sekolah lain yang ngenalin Zenius ke gue. Awalnya sih gue pikir zenius itu kek video-video tutorial di youtube gitu, yang cenderung datar dan ngebosenin. Eh ternyata gue salah. Zenius itu amazing! Gak ngebosenin. Apalagi bang @sabdaps yang ngisi konten postulat matematika, gue suka sama suaranya yang gak bikin ngantuk. Ditambah penjelasannya yang kadang dikasih lucu-lucuan. Serius gegara itu gue jadi lebih suka sama matematika dan memutuskan buat masuk ke program studi matematika murni. Haha, now you know what you have done to me bang!

Setelah itu hari demi hari gue lewatin dengan berduaan sama Zenius. Apalagi sebulan menjelang hari-H SBMPTN, siang-malam nggak pernah gue keluar dari rumah. Namun berkat itu semua gue bisa senasib kek mereka-mereka ini “CatatanPerjuangan Murid Zenius Menghadapi SBMPTN 2014. Gue bisa kuliah di salah satu PTN di Jogjakarta dengan prodi matematika murni. Pokoknya gue bersyukur banget bisa kenal sama Zenius.

Selain ngebantu gue dalam SBMPTN. Zenius juga banyak mempengaruhi mindset-mindset gue melalui artikelnya di blog zenius. Di sana banyak artikel-artikel keren yang sudah merubah diri gue dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Melalui artikelnya Kenapa yah belajar kerasa jadi beban?, gue yang awalnya merasa datar-datar aja saat belajar alias tidak menemukan sesuatu yang menarik, gue jadi ada “feel” saat belajar. Gue jadi memandang bahwa belajar itu adalah usaha untuk menemukan sesuatu yang baru, sesuatu yang belum gue ketahui sebelumnya. Dan rasanya saat “ohh gitu” alias saat kita jadi tahu hal baru itu menyenangkan banget, sumpah intinya ada kepuasan tersendiri yang amazing banget rasanya.

Apalagi buat lo yang pengen masuk ke prodi matematika kayak gue. Siap-siap aja deh buat nemuin banyak hal baru tentang matematika yang selama ini masih terkubur gara-gara penjelasan guru di SMA. Misalnya lo akan menemukan bagaimana dengan matematika kita bisa memprediksi perilaku konsumen. Lo akan menemukan bagaimana beberapa sampel saja bisa mewakili populasi yang melimpah. Lo akan tau bagaimana serunya membuktikan teorema-teorema dengan postulat yang ada. Dan lo akan bisa bagaimana caranya berpuisi dengan matematika, seperti “demi matematika yang setia, kita bagaikan sebuah limit yang sangat dekat tapi tak meyatu” hehehe. 

Artikel-artikel di blog zenius juga sering merekomendasikan tentang buku-buku mana aja yang keren, yang wajib kita baca biar jadi keren kek tutor-tutornya zenius, misalnya iniBuku yang Mengubah Hidup Gw dan Urutan Waktu Bacanya. Bayangin deh, gimana kalo lo yang seorang mahasiswa baru dan pas lagi ngobrol-ngobrol soal buku sama temen lo yang sedang ambil S2 jurusan filsafat. Terus tiba-tiba temen lo itu bilang “Hah! Lo udah pernah baca bukunya Bertrand Russel? Itukan filosof yang keren banget!” Gimana coba perasaan lo?

Well, sumpah rekomendasi buku dari Zenius itu nggak main-main! Gue baru tau kalo semua itu buku yang ditulis oleh orang-orang keren didunia ini. Seperti tadi Bertrand Russel, terus ada Stephen Covey dengan buku-buku motivasinya, ada juga Tan Malaka, Carl Sagan, Richard Dawkins, Jared Diamond, dan masih banyak lagi. Dan kalo lo mau googling hampir semua buku-buku yang direkomendasiin itu adalah buku-buku best-seller internasional, gila kan?!

Sekarang gue jadi suka banget baca buku, terutama buku-buku yang berbau filsafat, motivasi, sejarah (terutama sejarah Indonesia), dan biografi orang-orang keren. Gue juga rajin banget suruh beli buku, download ebook dari internet, atau fotocopy buku-buku keren dari perpus. Seakan-akan setiap sudut kost gue ada aja buku yang tergeletak. Nih misalnya salah satu buku yang baru gue beli, buku dari Stephen Covey


 
(The 7 Habits of Highly Effective People – Stephen R. Covey)


Selain mengubah mindset tentang belajar dan mempengaruhi hobi baru gue, lebih dari itu mungkin zenius sudah berhasil membentuk sebagian karakter-karakter gue. Gue merasa kalo saat ini gue lebih kritis orangnya dari pada beberapa tahun yang lalu. Dan kekritisan itu telah membuat gue jadi orang yang lebih kreatif. Ada beberapa benda di kosan gue yang gue buat sendiri dari barang-barang bekas, misalnya dua benda di bawah ini

(tempat pulpen, pensil, lem dan barang-barang kecil gajelas lainnya)



(bunga gajelas, cuma gue pake buat hiasan di dinding doang sih)


Well, mungkin dua benda awkward diatas terkesan tidak terlalu bermanfaat. Tapi gue anggap itu adalah langkah awal gue untuk meraih mimpi besar gue yang bejibun jumlahnya. Yaa, siapa tau 10 tahun lagi gue bisa buat parasut khusus pesawat terbang, supaya kalo mesin pesawatnya error pas lagi diatas tuh pesawat bisa jatuh pelan-pelan dan kagak ada lagi tuh korban-korban yang berjatuhan karena kecelakaan pesawat. Haha, imajinasi mengawali ide, dan ide mengawali tehnologi guys!

Mungkin masih banyak lagi karakter-karakter keren yang sedang berkembang dalam diri gue dimana Zenius turut andil di dalamnya, dan kagak bisa gue jelasin pake kata-kata ataupun tulisan. Semoga aja gue bisa menjelaskannya lewat perbuatan-perbuatan dalam hidup gue, dan semoga kedepannya perbuatan gue itu bisa bermanfaat bagi Indonesia, negeri gue tercinta!

Well cukup sekian tulisan gue, thanks banget buat Zenius dan tutor-tutornya yang keren abis. Semoga kedepan Zenius bisa lebih mencerdaskan generasi muda Indonesia sehingga mampu membawa Indonesia jadi bangsa yang keren. Amiin!



Sumber Acuan:
http://www.zenius.net





1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

Unknown mengatakan...

bagus blognya .. ;)

Posting Komentar

Zenius Lebih Dari Apa yang Gue Harapkan